Sabtu, 19 Mei 2012

Category — Zaman Jurassic

Stegosaurus – Dinosaurus Berekor Duri Terbesar

stegosaurusPemakan tumbuhan ini memiliki senjata rahasia yang digunakan untuk mengusir musuhnya – ekor yang dikibaskan yang dipersenjatai dengan duri yang kuat. Dengan tubuh sebesar truk, Stegosaurus adalah yang terbesar dari kaum stegosaurus, kelompok dinosaurus yang hidup selama 70 juta tahun.
Stegosaurus memiliki lempengan tulang yang besar di punggungnya yang dimulai dari kepala hingga ekornya. Ilmuwan tidak terlalu yakin tentang kegunaan dari lempengan tersebut, namun nampaknya lempengan tersebut menolong hewan ini untuk mempertahankan suhu tubuhnya. Lempengan ini mungkin berisi pembuluh darah dan, pada saat menghadap matahari, dapat menyerap panas secara cepat.
Info Dino
Panjang : Hingga 9 meter, rata-rata 6 – 7 meter
Bobot : Hingga 3 ton
Makanan : Tumbuhan yang lembut
Lempengan : 60 centimeter tingginya di punggungnya
peta-stegosaurus
Fosil Stegosaurus ditemukan ditempat yang sekarang adalah negara bagian Colorado, Oklahoma, Utah dan Wyoming, Amerika. Mereka terbaring di Morrison Formation, lapisan yang sangat luas dari karang sedimen di bagian Barat bagian tengah.Di Morrison ini menyimpan ribuan tulang dinosaurus selama lebih dari satu abad terakhir.
Fakta Lain
  • Kurang lebih panjangnya 3 centimeter, otak dari Stegosaurus yang beratnya mungkin hanya satu per seribu dari bobot tubuhnya secara keseluruhan.
  • Fosil Stegosaurus lainnya ditemukan di tahun 1960 di sebelah utara Siberia – didalam Lingkaran Kutub Utara, dimana saat ini suhunya membeku selama bertahun-tahun. Namun, Stegosaurus mungkin tidak mengalami dingin ini: jutaan tahun yang lalu, suhu Kutub Utara cukup sejuk.
  • Para ilmuwan dulu berpendapat bahwa lempengan yang dimiliki Stegosaurus terbaring mendatar, saling bersilangan satu dengan lainnya seperti genteng di atap.
  • Fosil Stegosaurus lainnya juga pernah ditemukan di Cina, sebelah utara India dan Eropa bagian barat.

Seismosaurus – Dinosaurus Terbesar Yang Pernah Ada

SeismosaurusSeismosaurus adalah hewan terbesar yang memiliki tulang belakang yang pernah dikenal – dua kali dari panjangnya paus biru. Bila dua raksasa ini berdiri sambung menyambung maka panjangnya akan sepanjang lapangan sepak bola. Lebih dari separuh panjangnya adalah ekornya, yang harus cukup panjang untuk memberikan keseimbangan terhadap lehernya yang besar dan berat pada saat ia berjalan.
Walaupun ukurannya yang luar biasa besar, Seismosaurus adalah dinosaurus pemakan tumbuhan yang cinta damai. Mungkin ia memiliki beberapa musuh – namun ukurannya yang luar biasa besar membuatnya sulit untuk diserang. Namun beberapa ilmuwan berpendapat bahwa mereka mungkin akan mempertahankan dirinya dari sekelompok pemangsa dengan ekornya yang mirip cambuk.
Info Dino
Panjang : Diperkirakan 45 meter
Tinggi : 15 meter hingga kepala, 5 meter hingga paha
Bobot : Hingga 100 ton
Makanan : Daun
seismosaurus
Hanya satu kerangka Seismosaurus yang pernah ditemukan sejauh ini. Ditemukan pada tahun 1979 di Ojito Wilderness Study Area, 60 mil barat laut Albuquerque di New Mexico, Amerika. Hingga adanya fosil ditemukan lagi, ukuran hewan ini tidak dapat diperkirakan secara pasti.
Fakta Lain
  • Satu-satunya Seismosaurus yang pernah ditemukan dijuluki ‘Sam’ oleh para peneliti dinosaurus. Beberapa ahli berpendapat Sam mungkin mati karena adanya batu besar yang menyangkut di tenggorokannya atau ususnya. Satu batu ditemukan bersama dengan fosilnya sebesar jeruk – jauh lebih besar dari yang pernah ditemukan sebelumnya.
  • Gigi dari dinosaurus pembunuh ditemukan bersama dengan kerangka Seismosaurus. Hal ini mungkin berarti bahwa dinosaurus ini dibunuh oleh pemangsa, namun gigi tersebut sepertinya adalah gigi yang copot pada saat pemakan daging menyerangnya.
  • Tidak  semua ilmuwan meyakini bahwa Seismosaurus makan dari pucuk pohon. Beberapa berpendapat bahwa mereka mengalami kesulitan mengangkat kepalanya lebih tinggi dari punggungnya.

Ophthalmosaurus – Reptil Berbentuk Ikan

opthalmosaurus-Reptil purba yang mirip ikan ini memiliki mata yang besar sebesar buah anggur, yang memberikannya penglihatan yang luar biasa – sangat baik untuk mengejar ikan yang gesit di laut purba.
Ophthalmosaurus diciptakan untuk kecepatan dan ketahanan. Siripnya yang serasi, tubuh yang ramping dan ekor yang besar memungkinkannya untuk melesat di air mencari ikan atau cumi-cumi untuk menangkapnya dengan rahangnya yang panjang dipenuhi dengan gigi.
Luar biasanya fosil yang masih lengkap memperlihatkan bahwa Ophthalmosaurus dan ichthyosaurus (reptil laut) lainnya melahirkan didalam air, seperti paus dan lumba-lumba pada zaman sekarang. Beberapa fosil adalah betina dengan bayi yang belum dilahirkan didalamnya; betina yang lain mati pada saat melahirkan.
Info Dino
Panjang : 3 – 4 meter
Bobot : Mungkin hingga 500 kilogram
Mata : 10 centimeter lebarnya
Makanan : Sebagian besar cumi-cumi dan ikan
opthalmosaurus
Fosil Ophthalmosaurus – kebanyakan masih lengkap – ditemukan di tempat seluas lapangan di Eropa bagian utara dan Amerika Utara dan Selatan; di Inggris, Perancis, Kanada, Amerika dan Argentina.
Fakta Lain
  • Ophthalmosaurus memiliki lebih banyak ‘jari jempol’ di siripnya yang lebar daripada kerabat dekatnya yang lain. Ichthyosaurus biasanya memiliki lima jari disetiap siripnya, namun reptil memiliki tidak kurang dari delapan.
  • Pada saat fosil Ophthalmosaurus pertama kali ditemukan di Inggris di awal abad ke-18, sebagian besar orang berpikir bahwa mereka adalah kerangka dari lumba-lumba yang telah punah atau buaya yang punah pada saat banjir besar yang dikisahkan di kisah Nabi Nuh.
  • Ichthyosaurus terbesar yang pernah ditemukan – di Nevada, Amerika – adalah hewan yang sangat besar yang dikenal dengan Shonisaurus, yang tumbuh hingga panjangnya 15 meter. Ichthyosaurus awal ini hidup lebih dari 200 juta tahun yang lalum di akhir zaman Triassic. Ia memiliki ekor yang panjang serta lebih ramping dan sepasang sirip mirip pengayuh, masing-masing hingga 2 meter panjangnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar