Sabtu, 19 Mei 2012

Binatang aneh yang hidup sebelum masa Dinosaurus (Periode Permian)



Sekilas Periode Permian


Periode Permian berlangsung 290-248000000 tahun yang lalu dan merupakan periode terakhir dari Era Paleozoikum. Transisi antara era Paleozoikum dan Mesozoikum terjadi pada akhir era Permian sebagai pengakuan atas kepunahan massal terbesar yang tercatat dalam sejarah kehidupan di Bumi. Hal ini mempengaruhi banyak kelompok organisme dalam lingkungan yang berbeda dan sangat berpengaruh untuk orang-orang yang menyebabkan kepunahan invertebrata laut, sebagian besar lautan waktu. Beberapa kelompok yang selamat dari kepunahan Permian sangat kecil, tetapi mereka tidak pernah lagi mencapai dominasi ekologis mereka pernah memiliki, membuka jalan bagi kelompok-kelompok lain dari kehidupan laut. Di darat, kepunahan relatif lebih kecil dari diapsids dan synapsids membuka jalan untuk bentuk lain untuk mendominasi, dan menyebabkan apa yang disebut "Zaman Dinosaurus". Selain itu, pakis hutan besar ingin beralih ke gymnosperma, tanaman dengan keturunan mereka dikurung di dalam biji. Runjung modern, yang merupakan gymnosperma paling akrab saat ini, pertama kali muncul dalam catatan fosil dari periode Permian. Secara keseluruhan, Permian adalah waktu yang terakhir untuk beberapa organisme dan merupakan titik penting bagi organisme lain, dan kehidupan di bumi tidak pernah sama lagi.
 

1. Dimetrodon

Sebuah Dimetrodon didukung seperti layar sedang berjalan di tengah pemandangan Permian dalam ilustrasi di atas ini. Predator adalah primitif, meskipun tampak seperti dinosaurus, pada kenyataannya dianggap sebagai pelopor mamalia. Para ilmuwan menunjukkan bahwa sirip besar di punggung mereka digunakan untuk mengatur suhu tubuh.


2. Dasar Laut Permia


Super benua Pangaea Permia dibuat dalam periode, di mana laut dangkal di sekitar daratan adalah rumah bagi korban besar hidup beragam. Digambarkan di atas adalah diorama di University of Michigan Museum of Natural History menunjukkan beberapa flora dan fauna yang tumbuh di Permian laut, termasuk trilobit, gastropoda, kerang, nautiluses, dan karang.


3. Nautillus

Nautilus, seperti gambar di atas adalah berenang di salah satu perairan di Palau, Mikronesia, nautiluses pertama kali muncul selama periode Permian dan beberapa organisme yang dapat bertahan hidup setelah kepunahan luas yang menyapu hampir 95 persen dari kehidupan di Bumi sekitar 250 juta tahun lalu.


4. Dengan ahli paleontologi fosil


Ahli paleontologi (dari kiri) Stuart Sumida, David Berman, dan Martens Thomas memeriksa fosil sisa-sisa pabsti Orobates muda, reptil herbivora kuno yang hidup sekitar 290 juta tahun yang lalu pada periode Permian awal. Fosil ini ditemukan pada tahun 2006 di Jerman pada Bromacker tambang, salah satu situs dunia yang paling produktif untuk menemukan fosil era permia.


5. Lystrosaurus


Gambar di atas menunjukkan Lystrosaurus yang mencari makan di dekat sungai. Wajah datar dengan paruhnya dan dua gigi mirip taring, Lystrosaurs adalah synapsids, binatang yang muncul di era Permian dan menjadi nenek moyang mamalia.


6. Tengkorak Dinogorgon

Seperempat miliar tahun lalu, jauh sebelum dinosaurus atau mamalia berevolusi, predator Dinogorgon berukuran 10 kaki (0,3 meter) tengkorak ditunjukkan pada gambar di atas adalah berburu di medan basah di tempat yang sekarang Afrika Selatan. Dalam waktu kurang dari satu juta tahun Dinogorgon menghilang di kepunahan massal terbesar yang pernah, bersama dengan sekitar sembilan dari setiap sepuluh spesies tanaman dan hewan di planet ini.


7. Daun kumbang Dogbane


Daun kumbang Dogbane Bunga ini berwarna-warni ditemukan pada hitam bermata susan di Frederick, Maryland, nenek moyangnya berasal dari era Permian sekitar 260 juta tahun lalu. Kumbang selamat dari kepunahan massal di era Permian dan Trias serta dua kepunahan berikutnya, dan sekarang, dengan sekitar 350.000 spesies diidentifikasi, mereka adalah anggota paling sukses hewan kerajaan.


8. Daun Ginkgo


Ginkgo biloba merupakan spesies yang tersisa dari Ginkgoales ketertiban, yang muncul pada Permian awal, sekitar 280 juta tahun lalu. Juga disebut pohon maidenhair, Ginkgo biloba pohon bisa mencapai 100 kaki (30 meter) tingginya dan hidup lebih dari seribu tahun. Daun dari fosil hidup banyak digunakan untuk obat-obatan herbal.


9. Ngarai Butterloch


Para ilmuwan mempelajari skala Permia periode kepunahan di bebatuan longgar di Butterloch ngarai Dolomites Italia. Lapisan fosil Terkena sini menawarkan akses yang relatif mudah dalam membedakan titik transisi dari era Triassic Permia ke. Batuan lapisan dalam batuan mengandung banyak fosil kayu-makan jamur, menunjukkan bahwa sejumlah besar pohon mati selama periode ini.


10. Gunung Guadalupe


Guadalupe Mountains di Texas adalah rumah bagi salah satu fosil karang terbesar di dunia, pegunungan kapur dengan panjang 644 kilometer dan berbentuk tapal kuda terbentuk sekitar 250 juta tahun lalu selama periode Permian. Saat itu, daerah yang sekarang Texas dan New Mexico ditutupi oleh lautan tropis yang luas. Pada saat itu mulai menguap laut, terumbu sedimen mengendap dan melestarikan ribu fosil laut yang sempurna.


11. Fosil Trilobite

Trilobita, seperti spesimen sempurna pada gambar di atas yang diawetkan di Black Hills Institute Riset Geologi South Dakota, adalah salah satu organisme yang paling sukses yang pernah ada di bumi. Ini arthropoda laut pertama muncul sekitar 545 juta tahun lalu di periode Kambrium awal dan berkembang di seluruh lautan di dunia sampai mereka menghilang di kepunahan Permian sekitar 250 juta tahun lalu.


12. Cekungan Permia
Permian Basin yang terletak di sebagian besar Texas barat dan timur New Mexico dan sedimen Permian mengandung sekitar setebal 12.000 kaki (3.700 meter). Dahulu daerah ini merupakan dasar laut di era Permian, daerah ini sekarang menjadi pusat produksi minyak Texas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar